Friday, June 20, 2014

Amal Jariyah - Finda Maria Ningsih


Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai kawan-kawanku dimanapun kawan berada. Kali ini saya, Finda Maria Ningsih ingin menulis tentang “Amal Jariyah”. Bosan menulis sastra, kini beralih di bidang Agama dulu. Khususnya agama saya sendiri. Yupp... agama islam tentunya.
                Amal Jariyah ? Apa sih find? Nah, Kenalan dulu yuk kawan, Apa sih “Amal Jariyah” itu. Cerna betul-betul ya kata-kata finda ini. Layaknya kita punya rumah banyak. Disini kita berperan sebagai ibu kost. Amalnya itu kita umpamakan rumah kita yang dimanfaatkan untuk kost. Nah, Uang kost itu kita umpamakan pahala. Meski ibu kost kerjaannya hanya tidur dan makan saja, Ibu kost akan tetap memiliki pendapatan. Betul tidak? Nah, sama halnya dengan Amal Jariyah kawan. Meski kita sedang belajar, makan, tidur atau wafat sekalipun. Jika kita telah beramal, pahala kita akan bertambah selagi amal yang kita beri bermanfaat bagi orang lain. Bahasa lainnya, Amalan tersebut terus memproduksi pahala yang terus mengalir. SubhanAllah.. Betapa indahnya beramal jariyah.
                Kalau itung-itungan pahala nih ya. Yuk.. kita pakai kalkulator pahala kita. Eitss.. Bukan niat untuk riya atau hal lainnya ya, kawan. Melainkan sebagai titik semangat kita melakukan hal baik di jalan Allah SWT. Contoh : Sekarang kan jamannya semua pakai Internet. Si Ahmad memanfaatkan dumay untuk memproduksi pahalanya. Si Ahmad menulis dakwah online untuk sahabat-sahabat muslimnya (SubhanAllah) . Misal sekali dibaca teman Ahmad, pahala Ahmad bertambah 10. Jika pembaca dakwah online Ahmad ada 10 orang, maka pahala ahmad sekarang 10X10=100 pahala. Jika pembaca dakwah online Ahmad ada 100 orang, maka pahala Ahmad sekarag 10x100=1000 pahala. Nah, Jika dakwah online Ahmad yang membaca ada sekian ribu pembaca. Bisa bayangin gak berapa pahala Ahmad sekarang? Belum lagi jika artikel tersebut dishare oleh pembaca lain. SubhanAllah J Kalau sudah tau begini, Siapa coba yang tidak ingin beramal jariyah. Tapi jangan lupa kewajiban kita sebagai umat muslim ya kawan.
                Iya find, ingin sekali melaksanakan Amal Jariyah. Tapi find, Apa saja sih contoh2 amal jariyah itu? Iya iyaa sabar kawan, Finda bakal kasih tau kok . Apa saja sih contoh-contoh amal jariyah itu. Cekidot!
1.       Membagi Ilmu.
Menyebarluaskan, mempublikasikan, membagikan atau men-share Ilmu pengetahuan (formal ataupun non-formal) yang bermanfaat di dunia, terlebih untuk akhirat. Contoh : Dakwah, Ceramah, Khutbah, Ilmu pengetahuan dunia dll. Sama halnya dengan yang dilakukan Ahmad tadi kawan ;)
Posted. by Komik Muslimah
2.       Sedekah Bahan Ilmu.
Memberi buku agama (mushaf), Al-qur’an, Buku Ilmu pengetahuan, atau buku-buku lainnya kepada orang-orang yang membutuhkannya dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun teman disekitarnya. Setiap kali buku tersebut mereka baca, selain pembaca, pemilik buku tersebut akan dialiri oleh pahala-pahala tersebut.
3.       Membangun tempat-tempat bermanfaat.
Membangun masjid/mushollah, membangun wakaf, rumah, atau tempat-tempat yang bermanfaat bagi orang lain. Namun kawan, Artian dari bermanfaat disini yaitu manfaat menjalankan ibadah Allah SWT. J
4.       Menyedekahkan harta.
Posted. by Article Musleem

 Menyedekahkan harta untuk pembangunan masjid, menyedekahkan harta kepada pengemis, orang gila, maupun musafir. Menurut pendapat sebagian orang, harta identik dengan uang dan kekayaan. Namun kawan, sebenarnya harta tak cuma uang. Tapi kita bisa menyedekahkan baju sebagai penutup aurat, mukenah ataupun benda-benda lainnya yang dapat bermanfaat berkelanjutan.
5.       Mendidik anak menjadi soleh ataupun solehah.
Kawan ingin orang tua kita masuk surga tidak? Siapa yang tidak ingin orang tua kita masuk surga coba. Ingin tau caranya tidak? Nah, Caranya gampang, dengan kita menjadi anak soleh maupun solehah. InsyaAllah, kemapanan akhlak kita akan menjadi tiket untuk Ibu Ayah disana.

6.       Menanam pohon.
Selagi pohon tersebut dimanfaatkan bagi orang yang membutuhkan dan kita ikhlas untuk diamalkan. Percayalah bahwa pahala akan terus mengaliri kantong pahalamu. Subhanallah.
7.       Membangun Sumur/Sumber Air.
Semakin banyak orang yang memanfaat­kannya semakin banyak ia menerima pahala di akhirat. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membangun sebuah sumur lalu diminum oleh jin atau burung yang kehausan, maka Allah akan mem­berinya pahala kelak di hari kiamat.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Majah).

Maha Suci Allah SWT. J Yukk kawan...!! Dari sekarang perbanyak amal jariyah kita. Sekecil apapun amal kita, tetap semangat untuk mengumpulkan pahala darinya. Ingat kata Ibu dahulu “Sayang, Rajin menabung ya.. Meski sehari hanya sedikit. Kalau ada kebutuhan mendadak kita tidak usah kuatir. Kan sudah ada tabungan.”. Seperti layaknya menabung, jika kita menabung pahala sejak dini, dan apabila Allah SWT ingin memanggil kita, kita tak lagi kuatir. Kan sudan ada tabungan. 
Subhanallah.. Sudah dulu ya kawan topik kita hari ini tentang “Amal Jariyah”. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin-amin YRA. Jangan lupa di share yahh.. Sampai ketemu di topik selanjutnya. Mohon maaf jika ada kekeliruan kata, baru belajar kawan. Jika ada tambahan atau kritik mohon isi dalam kotak komentar.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


2 comments:

  1. Alhamdulillah... Makasih ilmunya Finda... :)

    ReplyDelete
  2. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    ReplyDelete